Minggu, 12 Februari 2017

3 Jenis Jalur Ekspedisi

Usaha Ekspedisi - Kalau kita mau kirim barang pasti lewat jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Sekarang kita bisa kirim barang bukan hanya tujuan lokal namun bisa ke luar negeri juga. Dan biasanya pasti lewat pos. Tapi barang yang kita kirim ini, mau lewat jalur mana supaya cepat terkirim? Apakah darat, laut, atau udara? Mari kita bahas.

1. Jalur Darat


Apabila barang atau paket yang ingin kita kirim itu masih berjarak satu kota dan antar kota, maka kita harus pakai jalur darat. Yakni mengirim lewat pos atau jasa pengiriman barang yang siap melayani di darat. Biasanya barang kita akan diangkut lewat mobil atau truk besar apabila muatannya banyak. Contohnya seperti Pandu Logistics.

2. Jalur Laut (Kargo Laut)


Kalau barang yang mau kita kirim itu banyak dan ukurannya besar, kita harus menggunakan jasa pengiriman barang yang siap sedia di laut atau di pelabuhan. Contohnnya seperti GoExpress. Biasanya sekarang disebut kargo (muatan). Sebelum dikirim, barang kita akan dikumpulkan di pelabuhan terlebih dahulu. Dan akan jika sudah terkumpul semua, barulah akan dibawa oleh kapal kargo yang berisi muatan barang atau paket kita. 

3. Jalur Udara (Kargo Udara)


Sekarang barang tidak hanya bisa dibawa lewat darat dan laut saja, namun lewat udara pun juga bisa. Banyak perusahaan jasa pengirim barang yang menyediakan layanan kargo udara, contohnya seperti FedEx. Sebelum barang kita dikirim, semua barang kita akan dikumpulkan di bandara terlebih dahulu. Apabila sudah terkumpul semua, maka jasa pengirim barang barang akan membawa paket kita lewat pesawat terbang dan akan lebih cepat sampai tentunya. 

Itulah 3 jenis jalur ekspedisi yang ada saat ini. Jika kita mau kirim barang, kita harus cari dulu mana jasa pengiriman barang yang sudah terbukti jasanya dan yang murah tentunya. Sebelum itu kita juga harus sudah menyiapkan atau packing paket seaman mungkin. Karena kita tidak tahu apa yang akan menimpa paket kita selama perjalanan. 

Demikian semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar