Rabu, 05 April 2017

Tips Menghemat Batrei iPhone


IT Solution Jakarta – perkembangan teknologi dan fitur pada smartphone yang pesat sayangnya tak diimbangi dengan kualitas batrei yang mumpuni. Munculnya power bank adalah tanda bahwa para pengguna smartphone khawatir batrei habis ditengah jalan ataupun saat dibutuhkan. Masalah serupa dialami iPhone besutan Apple dengan system operasi terbarunya iOS7. Fitur-fitur yang ciamik semakin membuatnya boros daya. Akan tetapi, ada beberapa cara tanpa aplikasi apapun yang dapat dilakukan untuk menghemat batrei iPhone.

Aktifkan mode Airplane  (pesawat terbang) ketika sedang berpergian ke daerah yang sulit sinyal. Karena ketika mencari sinyal ditempat yang sulit daya atrei akan lebih cepat terkuras. Caranya masuk ke dalam Setting > Airplane mode .

Matikan fitur Wifi dan Bluetooth apabila sedang tidak digunakan. Hidupkan saat ingin tersambung ke internet saja. Caranya masuk ke Setting  > pilih On/Off pada Wifi dan Bluetooth .

Menonaktifkan fitur GPS atau lokasi. Ketika aktif fitur ini akan terus bekerja menyesuaikan posisi dimana kita berada. Ada penghematan yang cukup signifikan saat fitur ini dinonaktifkan, selain itu privacy Anda akan lebih terjaga sebab tak sembarang orang dapat mengetahui posisi Anda saat ini. Caranya masuk ke Setting > Privacy > Location Service .






Gunakan wallpaper yang statis. Fitru terbaru dari iOS7 yaitu Anda dapat menggunakan wallpaper yang dinamis. Sebuah fitur yang sngat memanjakan mata, tetapi konsekuensinya adalah batrei cepat drop. Caranya masuk ke Setting  > Wallpaper and Brightness  > Chose wallpaper. Pilih wallpaper statis di opsi “still photo wallpapers” sesuai dengan selera.

Kurangi kecerahan layar. Semakin terang layar iPhone maka daya yang digunakan semakin besar pula. Caranya masuk ke Setting  >  Wallpaper and Brightness  > atur kecerahan sesuai yang diinginkan. 

Aktifkan Autolock. Fitur autolock ini berfungsi untuk mengunci dan meredupkan layar ketika iPhone tidak disentuh dalam jangka waktu tertentu. Selain berfungsi untuk menghindari lupa menekan tombol lock, batrei juga akan lebih hemat. Caranya yaitu masuk ke Setting  > General > Autolock (setting pada jangka 1 menit).

Mematikan Baground App Refresh. Beberapa aplikasi meski tidak sedang digunakan dapat tetap menggunakan koneksi internet untuk refresh data atau location GPS. Agar lebih hemat daya, fitur ini dapat dimatikan saja. Caranya yaitu masuk ke Setting > General > Background App Refresh.

Tutup aplikasi yang habis digunakan.  Pada iOS7, ketika Anda menekan tombol Home pada aplikasi sebenarnya dia tidak benar-benar menutupnya. Dia hanya berpindah tampilan ke Home. Untuk benar-benar menutup aplikasi yang dalam waktu lama yaitu dengan cara menekan tombol Home dua kali secara cepat untuk masuk ke App Switcher. Pada aplikasi yang ingin ditutup, swipe menggunakan tiga jari ke atas.

Tips berikutnya adalah menonaktifkan Efek Paralax. Efek paralax adalah efek jika Anda membuka dan menutup aplikasi atau game dari iPhone Anda, karena efek paralax ini cukup menguras batrei Anda. Caranya masuk ke Setting  > General > Accessibility > Reduce Motion > On .


Demikian pembahasan mengenai hemat batrei pada iPhone, semoga bermanfaat. Jika berkenan silahkan dishare artikel ini agar teman atau orang yang Anda sayangi mengetahui informasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar