Minggu, 28 Agustus 2016

Bagaimana Cara Penulisan Alamat Pengiriman Barang Yang Baik Dan Benar?


Penting untuk diketahui, khususnya bagi kalian yang ingin mengirim barang ke suatu tempat atau pengiriman barang ke luar negeri. banyak pemesan barang yang ingin sekali pesanannya cepat tiba dan tidak sabaran. maka dari itu suatu alamat yang tercantum pada barang yang ingin di kirim harus jelas dan lengkap, karena faktor ini akan membantu pihak pengirim barang dan mempengaruhi ketepatan waktu saat pengiriman barang berlangsung.

Berikut adalah keterangan yang dibutuhkan dalam penulisan alamat tujuan di paket yang akan dikirim :

1. Kode Pos

Beberapa perusahaan ekspedisi memerlukan Kode Pos alamat tujuan. hal tersebut dilakukan karena perusahaan ekspedisi tersebut menjadikan kode pos sebagai patokan untuk mengelompokan barang saat dikirim ke kantor cabang / gudang daerah tujuan. Jangan pernah salah menulis kode pos. karena mungkin saja mengakibatkan barang anda dikirim ke kantor cabang berbeda. pada sebuah kode pos mungkin saja mencakup puluhan kelurahan, sehingga pastikan kamu tau nama kelurahan tujuan paket tersebut.

2. Kelurahan

Dalam menulis sebuah alamat, yang paling dibutuhkan oleh pihak ekspedisi adalah kode pos dan nama kelurahan dari tujuan paket tersebut. kenapa? karena kurir perusahaan ekspedisi dibagi perwilayah berdasarkan kelurahan. biasanya bila perusahaan ekspedisi tersebut sudah cukup besar, mereka akan membuat pos di setiap kecamatan, dan pada pos tersebut ada beberapa kurir yang wilayah tugasnya diatur berdasarkan kelurahan. Jadi... dengan mencantumkan nama kelurahan dari paket tersebut, kamu sudah membantu paket tersebut untuk lebih cepat tertangani oleh pihak ekspedisi.

3. Nomor Telepon Penerima Paket

Nomor telepon sangat berguna pada saat anda mengirim paket melalui jasa ekspedisi. kenapa? karena pada beberapa kasus, alamat yang dicantumkan tidak dapat ditemukan dengan mudah. entah itu karena alasan penulisan alamat yang tidak lengkap / salah, atau kurir kurang profesional. dengan mengetahui nomor telepon penerima paket, kurir akan sangat terbantu dalam menemukan alamat tujuan. dalam kasus lain, terkadang alamat tujuan kosong tidak ada orang. maka penerima paket akan dihubungi untuk mendapatkan informasi apa yang harus dilakukan oleh kurir terhadap paket tersebut.

4. Nomor telepon pengirim paket

Jika sesuatu terjadi pada paket kamu, contohnya hilang / rusak, atau mungkin pihak ekspedisi tidak bisa menemukan alamat tujuan dan tidak bisa menghubungi penerima paket, maka prosedur selanjutnya adalah menghubungi pengirim paket tersebut untuk dimintai keterangan.

Kira - kira itu keterangan yang sangat diperlukan saat kalian mau menulis alamat pada sebuah paket kiriman. keterangan lain seperti nama penerima, nama pengirim, nama perumahan atau jalan, saya pikir sudah menjadi syarat mutlak penulisan alamat jadi tidak perlu dijelaskan.

Informasi Tambahan:

1. Saat ini tidak diperlukan alamat pengirim paket. kenapa? karena pada dasarnya paket yang dikirim tidak berharap untuk dikembalikan ke pengirim. maka dari itu cukup menuliskan nomor telepon pengirim. perusahaan ekspedisi juga tidak akan mengembalikan paket ke alamat pengirim jika ternyata ada masalah dalam pengiriman. mereka akan mengirim paket tersebut ke agen tempat kamu melakukan transaksi. hal ini dilakukan karena mungkin ada biaya untuk meretur barang tersebut. dan kamu akan membayar biaya tersebut di konter agen ekspedisi.

2. Posisikan penulisan alamat di tempat yang terlihat jelas. karena kurir sebenarnya tidak melihat resi saat melakukan pengiriman barang. mereka melihat tulisan kamu. resi itu hanya formalitas untuk bukti bahwa barang kamu ada pada sistem perusahaan.

Demikian ulasan mengenai cara penulisan alamat pengiriman barang yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar