Rabu, 22 Maret 2017

3 Bahaya Utama Pemakaian Wadah Plastik

Chrom Plastik - Saat ini banyak iklan - iklan yang mengharuskan kita untuk membuang botol plastik setelah diminum dan dengan catatan hanya bisa sekali pakai. Kenapa banyak iklan yang kian menggencarkan info tersebut. Ternyata dampaknya sangat banyak untuk kesehatan. Botol plastik yang sudah kita gunakan juga tidak hanya kita buang, melainkan mesti kita hancurkan dulu. Lho, emang kenapa? Penasaran? CEKIDOT!!


1. Komplikasi Kehamilan



Mengapa wadah berbahan plastik plastik berbahaya bagi ibu - ibu hamil? Karena plastik mengandung zat yang berbahaya yang disebut dengan BPA. Nah, jika terlalu sering terkena zat BPA akan menyebabkan kelainan krosmosom sehingga menyebabkan bayi terlahir dalam kondisi cacat. Coba bayangkan kalau anak bayi yang lahir mesti hidupn dengan kondisi cacat, pasti sangat kasihan bagi bayi itu dan keluarganya, bukan?


2. Potensi Kanker


Untuk memasukan makanan atau minuman, hendaknya menggunakan wadah yang bukan plastik atau kalau plastik minimal seperti tupperware dan barang - barang plastik yang aman. Kalau bisa gunakan bahan dari kaca seperti piring, gelas, mangkok, dan lain - lain. Sekali - kali jangan suka membungkus makanan dengan plastik apalagi styrofoam, karena hal ini bisa menyebabkan potensi kanker. Kalaupun terpaksa, harap dilapisi dengan kertas coklat nasi uduk yang biasa kita temui di warung - warung. 

3. Infeksi


Plastik juga bisa menginfeksi seseorang, karena bukan tidak mungkin ada bakteri yang hinggap pada plastik, baik botol plastik maupun kotak makanan plastik (styrofoam). Dan kalau sudah kena bakteri ini, maka kita sendiri yang susah. Cepat atau lambat pasti kena penyakit. Maka dari itu hindarilah penggunaan wadah plastik, kecuali terpaksa. 

Oke itulah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan karena penggunaan wadah plastik. Kalaupun kita mesti pakai wadah plastik, hendaknya pakai tupperware saja. Itu jauh lebih aman dan bisa dicuci tentunya. Dan kenapa botol plastik mesti kita hancurkan setelah diminum? Jawabannya adalah agar mempermudah proses daur ulang botol plastik tersebut. 

Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar