Selasa, 27 Februari 2018

Cara Memilih Model Server yang Cocok dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard di JakartaKetika mulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal tersebut bisa menjadi suatu faktor prioritas yang memastikan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang semestinya dipikirkan pertama kali sebelum menentukan variasi server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diterapkan untuk keperluan rumit, sedang, atau cuma diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan tipe server yang cocok untuk usaha  Anda.

Cara Memilih Model Server yang Cocok dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari masing-masing server ini? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan karena bentuknya yang slim dan gampang diletakkan pada rak server.
Macam server ini amat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai pc antara 20 hingga seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus jika dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan suplai energi back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa melakukan sebagian tugas secara bersamaan. Server ini sanggup melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang cara pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga mampu menampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan cepat. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meski demikian server model ini memiliki keunggulan tersendiri bila diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini tersambung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menerapkan penyuplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini sesuai untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman berita, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan tipe server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu user yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang maksimal supaya server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang tepat akan berakibat pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi kerja pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar