Selasa, 27 Februari 2018

Kiat-kiat Pilih Model Server yang Sesuai dengan Jasa Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaDikala mulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal ini dapat menjadi salah satu unsur penting yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang seharusnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum memilih tipe server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk kebutuhan kompleks, menengah, atau hanya digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru dapat memastikan tipe server yang cocok untuk layanan  Anda.

Kiat-kiat Pilih Model Server yang Sesuai dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan karena formatnya yang tipis dan mudah diletakkan pada rak server.
Jenis server ini amat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pengguna pc antara dua puluh hingga seratus orang bisa memilih server macam ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server model entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai tenaga back up untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa melakukan beberapa tugas secara beriringan. Server ini sanggup melaksanakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol cara pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga dapat simpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan cepat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server model ini memiliki kelebihan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menerapkan penyuplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web isu, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu model server tertinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang ideal akan berakibat pada kinerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar