Senin, 04 April 2016

Po "Kung Fu Panda" Bisa Berpelukan Dengan Bantuan Cloud

Po "Kung Fu Panda" Bisa Berpelukan Dengan Bantuan Cloud
Siapa tidak mengenal karakter panda lucu bernama Po yang berasal dari film Kung Fu panda?
Film animasi buatan rumah produksi DreamWorks Animation yang sudah memiliki 3 film ini dirilis pada bulan maret kemarin.

Film yang di penuhi oleh artis dan aktor pengisi suara terkenal seperti Jack Black, Angelina Jolie, Lucy Liu dan bahkan Jackie Chan ini berhasil meraih pemasukan sebesar 314,1 juta USD, dua kali lipat dibandingkan dengan biaya pembuatan filmnya yang mencapai 145 juta USD.

Kenapa untuk membuat sebuah film animasi memerlukan ongkos yang lumayan mahal?
Nyatanya selain membayar para pengisi suara terkenal, untuk membuat karakter dan latar belakang serta detail-detail yang terdapat di film bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Pengerjaan film ketiga ini diakui jauh lebih sulit dan berat dibandingkan dengan dua film terdahulunya, karena di Kung Fu panda 3, karakter panda yang dulunya hanya ada 1 yakni Po, akan bertemu dengan panda-panda lainnya di desa panda yang merupakan kampung halamannya.

Dan untuk membuat sebuah adegan dimana dua ekor panda berpelukan saja dibutuhkan ratusan unit CPU untuk melakukan render gambar, tentu untuk membuat 1 buah film yang dipenuhi oleh CGI (computer-generated imagery) ini akan membuat hardware-hardware menjadi panas dan bahkan bisa overheat.

Oleh karena itu salah satu  cloud hosting enterprise dan juga HP Enterprise membantu untuk menyelesaikan film ini dengan memberikan solusi seperti Hybrid cloud yang nyatanya sangat berperan besar dalam penyelesaian film ini.

Karena dengan teknologi tersebut animator dan juga produser film bisa berkerja sama secara real time dan membantu dua tim yang tinggal terpisah, bahkan membantu melakukan render yang membutuhkan 118.000 frame animasi komputer dan juga 240 miliar pixel serta 600 juta berkas dan 475 terabyte data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan film "Kung Fu Panda 3" ini.

Perlu dicatat bahwa dengan bantuan yang diterima dan juga teknologi yang memadai tidak serta merta mempercepat waktu produksi film ini, nyatanya total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan film ini menghabiskan sampai empat tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar