Senin, 07 Maret 2016

Alumni ITB Saingi Google


Project Loon milik Google adalah project tentang bagaimana menerbangkan sebuah balon untuk menyebarkan koneksi internet ke seluruh dunia, balon yang diterbangkan ke ujung langit ini dibuat untuk menghubungkan daerah-daerah yang sulit di jangkau atau juga untuk membantu daerah yang terkena bencana alam.

Beberapa Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) berniat bersaing dengan Google dengan membuat Helion yang merupakan Project Loon versi "low-tech".

Balon Helion hanya bisa terbang setinggi beberapa ratus meter dan perbedaan lainnya yaitu Helion mengikat balonnya.
Dalam percobaan terakhirnya balon Helion dapat diterbangkan setinggi 80 meter dan dapat menyediakan koneksi Wifi dalam radius 300 meter.

Mereka mengungkapka bahwa balon tersebut dapat memberikan sinyal lebih kuat dibandingkan tower yang menempel ditanah karena dengan balon yang diterbangkan otomatis tidak terhalang objek-objek diudara.

Balon tersebut dapat bertahan beberapa minggu sebelum kehabisan helium, dan berbeda dengan tujuan Project Loon yang ingin mencapai daerah-daerah pedalaman Helion sendiri ditujukan untuk daerah lokal untuk menyediakan koneksi internet yang bisa membantu dalam dunia Cloud computing Indonesia

Salah satu masalah yang dihadapi oleh Helion adalah bagaimana mencari bantuan dalam masalah finansial untuk balon tersebut, kabarnya salah satu penyedia layanan komunikasi di Indonesia sudah tertarik dalam project tersebut tetapi mereka masih dalam tahap negosiasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar