Kamis, 03 Maret 2016

Skripsi Dan Tesis Dimusnahkan



Foto-foto diatas beberapa hari ini tersebar di sosial media seperti Facebook dan Twitter, skripsi, tesis dan karya ilmiah ditemukan berserakan diluar gedung dan sedang diangkut menuju tempat pembuangan.

Foto yang diambil pada tanggal 1 maret kemarin yang bertempat pada samping kiri perpustakaan UIN Alauddin Makassar.
kepala perpustakaan UIN, Quraisy Mathar mengatakan "itu memang sengaja akan dimusnahkan"

Tersebarnya foto tersebut di sosial media tentu saja menghasilkan beberapa pendapat dan tanggapan beragam.
banyak yang merasa tidak seharusnya skripsi, tesis, dan karya ilmiah tersebut dibuang begitu saja karena pembuatannya yang sulit.

Menurut Quraisy, setiap tahunnya ada sekitar 10.000 naskah yang tentu akan menambah tumpukan di perpustakaan sedangkan standar dan ketersediaan ruang tidak bertambah.
tetapi sebelum dimusnahkan semua skripsi, tesis dan karya ilmiah tersebut sudah diubah menjadi PDF dan dapat diakses online.

Tentu saja di era seperti sekarang dimana semakin banyaknya perguruan tinggi baik itu negeri atau swasta pasti menghasilkan puluhan atau bahkan ratusan skripsi dan karya ilmiah setiap tahunnya.
dengan terbatasnya tempat penyimpanan salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mengupload file soft copy ke dalam cloud storage atau komputasi awan atau bisa juga diubah ke PDF dan di burn ke dalam CD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar