Rabu, 02 Maret 2016

Potensi Indonesia Menjadi Pasar Data Center Terbesar Dunia


Indonesia memang masih menjadi negara berkembang tetapi DatacenterDynamics (DCD) mengatakan bahwa Indonesia berpotensi untuk menjadi pasar Data Center terbesar di Dunia karena besarnya populasi teknologi dan layanan internet di Indonesia.

Selain itu perkembangan industri data center juga disebabkan oleh peraturan pemerintah No. 82 tahun 2012 yang berisi tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.

"Data terbaru kami menyebutkan, bahwa data center, layanan outsourcing dan investasi cloud atau komputasi awan di Indonesia akan mengalami pertumbuhan hingga menyentuh dua digit. Kondisi ini membuatnya menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan terbesar di dunia" Ucap APAC General Manager untuk DCD Group yaitu Vincent Liew pada tanggal 22 februari lalu.

Dia juga mengatakan bahwa perusahaan telah meramakan bahwa industri data center ini akan terus tumbuh pesat hingga bisa mencapai angka 280 juta USD atau sekitar 3 triliunan Rupiah pada tahun ini.

Dengan peraturan pemerintah diatas maka akan bertambahnya permintaan data center dalam skala yang besar dan juga akan meningkatkan beberapa tantangan berupa peningkatan biaya dan keterbatasan tenaga kerja ahli.


Akibatnya mulai banyak perusahaan yang mempertimbangkan untuk menggunakan tenaga outsourcing atau menggunakan layanan cloud dari pihak ketiga untuk mengatasi tantangan tersebut. dan perusahaan bisa tetap fokus pada bisnis mereka.

Hal itu lah yang membuat banyaknya layanan penyedia data center dan juga cloud untuk membantu industri menyelesaikan masalah-masalah diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar