Selasa, 22 Maret 2016

Tips Interview Kantor Via Skype

Tips Interview Kantor Via Skype

Skype adalah aplikasi untuk berkomunikasi yang menawarkan fitur-fitur seperti berkirim pesan singkat, voice call bahkan video call.

Tentu dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut dapat membantu kita untuk melakukan sesuatu seperti skype untuk bisnis dan juga bahkan untuk melepas rindu dengan keluarga yang tinggal berjauhan.

Dimasa sekarang dimana kemacetan melanda kota-kota besar tentu akan banyak menyita waktu diperjalanan, bayangkan jika anda memiliki jadwal interview di perusahaan impian anda tetapi anda terlambat karena terhadang macet di jalanan ibu kota.

Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah interview melalui video call, tetapi walaupun anda tidak bertatap muka secara langsung dengan pihak interview anda harus tetap memikirkan bagaimana meyakinkan perusahaan untuk menerima anda berkerja disana.

Sebelum melakukan interview ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini yang mungkin bisa membantu anda mengatasi rasa gugup yang melanda anda.

Periksa diri anda
Untuk mencegah masalah yang akan terjadi terhadap gambaran profesionalitas anda, pastikan diri anda selalu online minimal 15 menit sebelum waktu interview dan selalu periksa pengaturan anda seperti foto atau username dan juga koneksi internet anda.

Pastikan diri anda terlihat profesional
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang melakukan interview melalui video call adalah hanya menggunakan pakaian formal bagian atas atau pada bagian yang terlihat saja, tentu cara ini mungkin membuat anda lebih santai tetapi pastikan diri anda selalu terlihat profesional pada saat interview karena itu akan membangun figur anda kedepannya, dan jangan terlalu menggunakan make up tebal dan berlebihan juga.

Perhatikan juga Latar Belakang
Selain penampilan fisik anda, latar belakang juga akan berpengaruh, pastikan anda berada diruangan yang menampilkan sisi profesional anda, jangan sampai anda melakukan interview dengan latar belakang poster-poster artis idola anda.

Hilangkan gangguan-gangguan
Silent handphone anda, pastikan tidak ada aksesoris-aksesoris di meja anda yang akan membuat anda tidak fokus terhadap pertanyaan-pertanyaan dari perusahaan.

Perhatikan Body Language
Salah satu kekurangan(atau mungkin kelebihan) yang didapat dari interview melalui video call adalah anda bisa "memanipulasi" gerakan-gerakan tubuh anda, pastikan anda menatap langsung ke kamera pada saat diberikan pertanyaan, tersenyum dan juga pastikan postur badan anda agar tidak terlalu tegap dan tegang tetapi jangan juga terlalu terlihat santai.

Jadi diri sendiri
Apapun yang terjadi pastikan anda tetap menjadi diri sendiri, anda tetaplah manusia biasa dan perusahaan juga pasti mengerti itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar