Selasa, 15 Maret 2016

Selamat Ulang Tahun AWS

Senin 14 Maret 2016 divisi cloud computing atau komputasi awan milik Amazon yaitu Amazon Web Service (AWS) genap berusia 10 tahun.


Berawal dari layanan penyedia tempat penyimpanan murah bagi para software developer yang berkembang terus menjadi layanan penyewaan komputer yang membantu menghadirkan perusahaan startup terkenal seperti Airbnb dan juga pinterest berfokus dalam mengembangkan produknya dibandingkan dengan infrastruktur database.

Pada akhir periode 2015 AWS berhasil menghasilkan 41% dari keuntungan Amazon yang menurut para analis berhasil mengalahkan keuntungan dari layanan pengiriman barang milik Amazon.

Sekarang dari perusahaan-perusahaan besar sampai pihak pemerintah mulai mengadopsi teknologi cloud membuat perkembangan bisnis ini menjadi sangat pesat, dan Amazon tetap menampakan kekuatannya walaupun dengan munculnya saingan yang tidak bisa dibilang kecil seperti Microsoft dan Google.

AWS sekarang telah berkembang menjadi bisnis yang bernilai sebesar 10 milyar USD dan akan terus bertambah menurut beberapa pakar.

Amazon mengatakan bahwa lebih dari 1 juta kostumer yang berasal dari 190 negara adalah pengguna layanan AWS, menyimpan dan mengolah data yang berasal dari 12 data center yang berbeda dari Oregon hingga Sao Paulo, Brazil dan juga Sydney, Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar