Rabu, 23 Maret 2016

Apa Itu Quantum Cloud

Apa Itu Quantum Cloud
Awal bulan maret, tepatnya tanggal 3 maret 2016 Ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology atau MIT dan juga University of Innsbruck in Austria mengumumkan bahwa mereka sedang membangun komputer quantum pertama yang menggunakan 5 atom di dalam ion trap.

Quantum cloud sendiri merupakan pengembangan dari komputasi awan dan juga komputer tradisional.
Dimana jika komputer tradisional menggunakan bits dan data binary untuk menyimpan dan menampilkan informasi, sedangkan quantum komputer menggunakan qubits.

"Kami menunjukan tentang Algoritma Shor, yang merupakan algoritma quantum paling rumit pada saat ini yang merupakan realisasi dengan cara dimana yang anda lakukan hanyalah cukup pergi ke lab dan menerapkan lebih banyak teknologi, dan anda akan bisa membangun komputer quantum yang lebih besar" ucap Isaac Chuang, profesor yang mengajar mata kuliah fisika dan teknik elektor juga komputer sains di MIT.

Selain para ilmuwan dari MIT, Microsoft yang merupakan perusahaan raksasa teknologi juga sedang mengembangkan teknologi komputer quantum.
Seperti yang dikatakan oleh Bill Gates pada sesi AMA(Ask me anything) di situs Reddit.

Meskipun sudah dalam tahap pengembangan, fungsi dan kegunaan komputer quantum dibilang masih belum jelas atau spesifik.
Apakah nantinya bisa diaplikasikan ke semua sektor dan bagian atau hanya bisa digunakan untuk kasus-kasus tertentu, tetapi pemerintahan sudah menyadari tentang potensi yang bisa dihadirkan oleh komputer quantum.

Seperti pada tahun 2015 Google mengumumkan akan memasang unitnya di NASA Research Center sebagai bentuk kolaborasi untuk mempelajari tentang peran yang bisa digunakan quantum computing cloud dalam pengembangan teknologi AI (Artificial Intelligence)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar