Senin, 11 April 2016

Indonesia Peringkat Pertama Negara Yang Menggunakan VPN

Indonesia Peringkat Pertama Negara Yang Menggunakan VPN
Source: Wired

Banyak yang meragukan bahwa pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia merupakan hal yang percuma dan sia-sia.
Hal itu merupakan hal yang benar dan juga salah, nyatanya akibat pemerintah melakukan pemblokiran ke banyak website-website terkenal membuat Indonesia menjadi negara yang menduduki peringkat pertama dalam negara yang menggunakan VPN untuk berselancar di internet.

VPN atau virtual private network memungkinkan anda untuk mengalihkan traffic internet anda ke negara lain, yang memungkinkan anda menghindari pemblokiran yang dilakukan di negara yang anda tempati.

41% dari pengguna internet di Indonesia nyatanya menggunakan VPN, data ini didapatkan dari survey yang dilakukan oleh Wired dimana peserta survey yang mencapai 200,000 pengguna internet di 34 negara.

Dari hasil survey tersebut didapatkan data bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama dan di susul oleh Thailand dengan 39% pengguna yang menggunakan VPN.
Yang mengejutkan adalah China yang hampir memblokir seluruh website terkenal seperti Facebook dan Youtube hanya memiliki 29% pengguna Internet yang menggunakan VPN.

Alasan orang untuk menggunakan VPN tentu berbeda-beda.
Umumnya pengguna VPN di Indonesia menggunakannya untuk membuka website yang di blokir oleh pemerindah serta video Youtube yang tidak tersedia di region Indonesia.

Tetapi ada juga yang menggunakan VPN untuk menutupi jejaknya di internet dari pemerintah seperti saat melakukan migrasi Email dan hal-hal lainnya.
Tetapi kenapa Indonesia bisa menduduki urutan pertama dan mengalahkan negara lainnya yang jauh lebih ketat seperti Vietnam dan China?

Kabarnya karena beberapa kebijakan pemerintah yang melakukan blokir ke website dengan alasan yang tidak bisa diterima seperti melakukan blokir ke Vimeo dan Reddit serta mengancam untuk melakukan blokir ke Tumblr karena dianggap mengandung konten porno.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar