Rabu, 13 April 2016

Sejarah Singkat Microsoft Office


Software yang di produksi oleh perusahaan teknologi raksasa bernama Microsoft ini pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 1989.
Dikembangkan, dibuat dan dilisensikan serta mendukung berbagai jenis software yang dikeluarkan oleh perusahaannya adalah hal wajib yang dilakukan oleh Microsoft.

Selain terkenal karena sistem operasinya perangkat lunak microsoft seperti Office juga merupakan salah satu karya Microsoft yang membantu perkembangannya dunia perkantoran. Banyak produk microsoft yang dikembangkan secara internal dan beberapa produk lainnya dibeli dari pihak lain lalu di akusisi menjadi perangkat lunak milik Microsoft seperti Microsoft Project dan juga Visio.

Pada bulan agustus tahun 1992 Microsoft merilis Office 3.0 ke publik yang berisi perangkat lunak seperti Word 2.0, excel 4.0, PowerPoint 3.0 dan juga Mail 3.0.
ini merupakan versi Office yang pertama dirilis dalam bentuk CD-ROM.

2 tahun berlalu Microsoft kembali merilis versi baru dari Microsoft Office yakni 4.0,4.1,4.2
Setelah melalui berbagai macam pengembangan Microsoft kembali merilis Office 95 pada bulan agustus 1995.
dibuat untuk memudahkan pengguna sistem operasi Windows 95. tersedia dalam dua versi yaitu Office 95 Standard dan Professional.

Mengetahui masih banyak fitur dan pengembangan yang bisa dilakukan 2 tahun setelah merilis Office 95, Microsoft kembali merilis Office versi 8.0 yakni Office 97 dimana dikenalkannya command bar pada versi ini.

Memasuki millenium baru Microsoft merilis Office 2000 dimana banyak opsi yang disembunyikan dan tidak diketahui oleh orang awam karena bisa menyebarkan virus macro, office 2000 merupakan versi terakhir yang bisa dijalankan di windows 95.

Setelah menghentikan Windows 95 dan beralih ke sistem operasi baru yaitu Windows XP maka dirilis juga perangkat lunak Office terbaru yakni office 2002 yang merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat dan fitur tambahan dibandingkan dengan office 2000

Setelah itu hampir setiap 2-4 tahun sekali Microsoft terus melakukan pembaruan untuk perangkat lunaknya hingga sampai hari ini versi terbaru dari Office adalah Microsoft Office 365 yang mengandalkan fitur penyimpanan awan atau cloud computing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar