Selasa, 26 April 2016

Bagaimana Cara Google Mencegah Karyawan Keluar?

Bagaimana Cara Google Mencegah Karyawan Keluar?

Gelombang bisnis baru berjenis startup atau perusahaan kecil yang hanya memiliki puluhan karyawan yang biasanya berurusan dengan dunia digital ini ternyata bisa menjadi ancaman bagi perusahaan-perusahaan raksasa teknologi seperti perusahaan cloud server enterprise yaitu Google, Microsoft, dan Amazon.

Pasalnya karena melihat kesuksesan dari perusahaan-perusahaan startup lainnya banyak karyawan dari perusahaan-perusahaan raksasa memiliki niat untuk keluar dan membangun bisnis startup sendiri.

Untuk mencegah hal tersebut tersebar kabar bahwa Google mencegah karyawan untuk keluar dari perusahaan dengan cara menampung ide-ide yang mereka miliki dan karyawan dapat mengajukan rencana bisnisnya tersebut.

Disebut dengan Area 120, tempat dimana karyawan Google bisa mengajukan ide bisnis dan jika ide mereka diterima maka karyawan bisa menghabiskan waktu beberapa bulan untuk membuat ide tersebut tercapai.

Karyawan bisa melakukan uji coba kepada idenya masing-masing tanpa takut kehilangan pekerjaannya di Google apabila idenya gagal terealisasi.
Jauh sebelum startup booming Google sendiri memberikan kebebasan untuk bagi karyawannya untuk bisa mengerjakan proyek pribadi milik mereka sendiri

Dimana 20% dari waktu pekerjaan mereka bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan sampingan lainnya.
Meskipun demikian ada beberapa mantan karyawan Google yang sukses setelah keluar dari perusahaan tersebut seperti pencipta Instagram yaitu Kevin Systrom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar