Senin, 18 April 2016

Kenali Lisensi Produk Microsoft

Kenali Lisensi Produk Microsoft
Jika 7 tahun yang lalu untuk mendapatkan produk-produk Microsoft terutama sistem operasi Windows terbilang sangat mahal dan sulit didapatkan yang berakibat banyaknya windows bajakan yang tidak aman maka berbeda dengan sekarang dimana untuk mendapatkan produk-produk terbaru Microsoft sangatlah mudah dengan bantuan internet.

Ketika anda membeli sebuah produk dari Microsoft maka anda akan menemukan tiga jenis license microsoft yang tersedia yaitu OEM, OL dan FPP. Jika anda masih asing dengan kata-kata tersebut maka silahkan baca penjelasan mengenai jenis-jenis licensi Microsoft tersebut.

1. OEM atau Original Equipment Manufacturer
Lisensi ini adalah lisensi yang biasanya didapatkan langsung ketika anda membeli perangkat komputer atau laptop, jadi lisensi ini terintegrasi langsung dengan PC/laptop yang anda beli dan lisensi OEM yang terpasang dan sudah diakivasi hanya bisa digunakan oleh komputer tersebut dan jika terjadi kerusakan hardware seperti mainboard/motherboard maka lisensi OEM anda menjadi tidak berlaku lagi.

2.OLP atau Open License Program
Selain lebih mahal dari lisensi OEM untuk membeli lisensi jenis OLP ini anda harus membeli minimal 5 buah dan biasanya harus dibeli dengan CD media kit untuk proses instalasinya.
Yang membuat lisensi ini lebih mahal adalah karena lisensi ini bisa digunakan jika anda mengganti perangkat komputer anda, karena jenis lisensi yang berbentuk sertifikat.
Jika anda memiliki perusahaan yang menggunakan lebih dari 5 komputer maka lisensi ini adalah pilihan yang cocok.

3.FPP atau Full Packet Product
Sesuai namanya lisensi ini merupakan lisensi paling lengkap yang terdiri dari CD instalasi, buku manual dan juga lisensi yang terdapat dalam box.
Hampir mirip dengan OEM setiap pembelian hanya akan mendapatkan satu lisensi yang bisa digunakan oleh satu komputer, bedanya lisensi ini bisa dipindahkan jika komputer pertama mengalami kerusakan.

Jika anda ingin membeli lisensi perhatikan juga mengenai kebutuhan anda sendiri karena yang menggunakannya sudah pasti harus tau kegunaan dan fungsinya bukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar