Selasa, 27 Februari 2018

Cara Pilih Jenis Server yang Sesuai dengan Jasa Anda

Simplivity Hyper ConvergenceKetika memulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal hal yang demikian bisa menjadi satu unsur prioritas yang memastikan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Menurut yang mesti dipikirkan saat pertama kali sebelum pilih macam server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan high, menengah, atau hanya digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru dapat memutuskan tipe server yang tepat untuk bisnis  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.

Cara Pilih Jenis Server yang Sesuai dengan Jasa Anda


Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan karena bentuknya yang slim dan mudah diletakkan pada rak server.
Model server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara 20 sampai seratus orang bisa menggunakan server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat melakukan sebagian tugas secara beriringan. Server ini mampu menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang cara pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga bisa simpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server model ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server model ini mempunyai kelebihan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan model ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini dapat mengaplikasikan penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, laman isu, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server paling tinggi. Server ini sanggup menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung pada database yang besar.
Server ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang optimal supaya server mampu bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berimbas pada kinerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak sanggup mengakomodasi pekerjaan user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar