Rabu, 21 Maret 2018

Metode Menentukan Tipe Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaPada saat memulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi satu elemen prioritas yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang patut dipikirkan pertama kali sebelum memilih tipe server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Metode Menentukan Tipe Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan kompleks, sedang, atau hanya digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memutuskan tipe server yang sesuai untuk jasa  Anda.
Saat ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam 4 kelompok, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server jenis ini umumnya diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab wujudnya yang slim dan mudah diletakkan pada rak server.
Macam server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pengguna pc antara dua puluh hingga seratus orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini sanggup melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga dapat menampung lebih banyak data saat perusahaan berkembang lebih cepat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meski begitu server tipe ini memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan tipe ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menerapkan penyuplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs berita, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan jenis server paling tinggi. Server ini sanggup menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 user yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berimbas pada daya kerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar