Rabu, 21 Maret 2018

Cara Pilih Model Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorPada saat memulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal tersebut dapat menjadi sebuah unsur utama yang menetapkan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang patut dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih macam server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk keperluan kompleks, menengah, atau sebatas dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru dapat menetapkan model server yang layak untuk usaha  Anda.

Cara Pilih Model Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat kategori, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server jenis ini lazim dipakai dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak digunakan karena formatnya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Model server ini amat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pengguna laptop antara 20 hingga seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai energi back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa melakukan sebagian tugas secara beriringan. Server ini bisa melaksanakan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang sistem pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga dapat simpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih pesat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun begitu server tipe ini memiliki keistimewaan tersendiri bila diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menggunakan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka jika ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, web info, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu tipe server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang optimal agar server dapat bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berpengaruh pada daya kerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung pekerjaan pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar