Selasa, 23 Februari 2016

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembangunan Data Center


Dalam dunia komputasi awan tentu saja Data Center adalah hal yang paling penting dan harus paling dipikirkan karena Data Center adalah tempat dimana semua data dan informasi klien tersimpan
Data center haruslah berada di tempat yang aman dari bencana alam.

Belakangan ini Apple yang berniat membangun data center di Irlandia mendapat kecaman karena pemilihan lokasi data center tersebut dianggap dapat merusak alam.

Selain itu Apple juga diharapkan memperhatikan 5 hal penting sebelum membangun Data Center tersebut.
berikut adalah 5 hal penting itu:


1.Lokasi
Pihak pemerintah ingin agar Apple memberikan lebih banyak detil mengenai kenapa mereka berniat membangun data center di hutan dekat pemukiman kota kecil dibandingkan lokasi lainnya.

Pemerintah mengecam karena jika data center tersebut dibangun di dalam hutan maka akan banyak pohon-pohon yang akan ditebang, cukup masuk akal bukan?

2.Renewables
Renewables atau energi yang bisa digunakan kembali.
Apple telah mengungkapkan bahwa data center tersebut akan menggunakan renewable energy secara penuh, tetapi pihak pemerintah mengatakan bahwa Apple tidak memberikan detil dan informasi tentang energi tersebut secara penuh dan bagaimana pengunaannya.

3.Dampak kepada lingkungan sekitar
Seperti yang dibilang di point pertama jika Apple berniat membangun data center di dalam hutan tentu akan terjadi penebangan pohon yang akan mempengaruhi dan berdampak pada lingkungan sekitar seperti peresapan air dan tempat tinggal hewan-hewan.

4.Spesies yang dilindungi
Irlandia memiliki beberapa jenis kelelawar yang dilindungi oleh negara, jadi pihak pemerintah menginginkan Apple untuk memberikan detil mengenai rencana apa yang akan dilakukan kepada hewan yang dilindungi tersebut jika mereka berniat membangun data center di dalam hutan.

5.Geology
Apple sudah ditanya oleh pemerintah setempat mengenai informasi tentang geologi di tempat yang ingin mereka bangun.
baik itu karakteristik tanah, bangunan dan mengenai ruangan untuk data center.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar