Senin, 15 Februari 2016

Pemerintah Menggunakan Server Untuk UNBK



Ujian Nasional tahun 2016 yang semakin dekat terus dipersiapkan, salah satunya dengan melakukan sosialisasi UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan menggunakan teknologi cloud server Indonesia.

Dengan jumlah peserta yang lebih banyak dibanding dengan tahun lalu pemerintah yakin bahwa keamanan distribusi soal dan pencegahan praktik kecurangan dapat diatasi.

Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah dengan mengirimkan pemateri yang handal.

"Proteksinya sangat tinggi, jadi tidak mungkin bocor. misal server dari sekolah mana sudah digunakan download soal, lalu server tersebut dipindah ke bimbingan belajar, tidak akan bisa. lalu serial kabel yang digunakan untuk sinkronisasi juga harus sama dengan yang digunakan untuk download soal, kalau beda tidak bisa. karena serial kabel, serial line semua sudah masuk di sistem sehingga tidak bisa kalau diganti." Ucap Unggul Sudarmo, kepala bidang pendidikan menengah SMA dinas pendidikan pemuda dan olahraga daerah Solo.

selain itu untuk mencegah kecurangan yang dilakukan siswa seperti mencontek, pemerintah memberlakukan sistem soal diacak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar