Selasa, 16 Februari 2016

Hybrid Cloud



Salah satu kesulitan implementasi Cloud Computing atau komputasi awan adalah rasa khawatir dan tidak percaya user tentang keamanan dalam menaruh file dan data di cloud yang disediakan oleh pihak luar.

Masalah ini lah yang mendasari lahirnya komputasi awan jenis hybrid atau campuran, yaitu dimana cloud computing yang dipakai oleh public cloud bisa diimplementasikan di dalam perusahaan.

Mengenal Hybrid Cloud
Hybrid yang berarti menggabungkan dua hal yang berlawanan.
Hybrid cloud adalah kombinasi antara public cloud yang dipakai oleh banyak orang dengan private cloud yang hanya digunakan oleh satu perusahaan.

Hybrid cloud sebagai komputasi dengan komposisi paling tidak satu private cloud dan satu public cloud.
masing-masing berkerja secara terpisah dan mandiri tetapi tetap berhubungan dengan jalur komunikasi yang dilengkapi oleh enkripsi sehingga data dapat dipindah-pindahkan dari public cloud ke private cloud ataupun sebaliknya dengan aman.

Kegunaan Hybrid Cloud
Manfaat yang paling jelas dari penerapannya adalah anda memiliki infrastruktur sendiri di dalam perusahaan dan tidak bergantung pada infrastruktur luar, anda bisa mengatasi masalah latency dan juga waktu akses yang bisa jadi terganggu.

dengan memiliki private cloud, anda bisa menjalankan dan mengakses pekerjaan juga data lebih cepat dan terjamin, dan anda juga bisa memanfaatkan jasa dari public cloud untuk mengatasi failover pada saat terjadi kebutuhan komputasi yang melebihi kemampuan private cloud anda.

Implementasi Hybrid Cloud
-Dimulai oleh vendor atau penyedia layanan untuk menyediakan solusi bagi private cloud yang telah membangung kerja sama dengan penyedia layanan public cloud.
-atau dengan sebaliknya yaitu perusahaan membangung private cloud sendiri terlebih dahulu, baru mencari penyedia layanan public cloud yang bisa menghubungkan private cloud milik perusahaan dan public cloud milik penyedia layanan.

Dalam implementasi hybrid cloud anda harus memperhatikan tiga kriteria penting seperti keamanan, konektivitas dan portability.

Keamanan adalah kriteria yang paling penting dan harus ada dalam penerapan cloud computing, bagian TI harus menerapkan keamanan terbaik dalam memilih public cloud dan enkripsi data pada saat data melakukan transit, passsword dan maintance akses serta kejelasan siapa saja yang berhak mengakses data.

Selanjutnya adalah masalah hubungan antara public dan private cloud.
fasilitas untuk meningkatkan keamanan dan untuk mempercepat akses data adalah suatu keharusan.
Hubungan ini bisa menggunakan akses VPN yang menyediakan isolasi IPSec dan enkripsi atau lewat koneksi WAN yang langsung menghubungkan dari public cloud ke private cloud.

Setelah mengatur tentang keamanan dan konektivitas maka anda harus memperhatikan portabilitas antara kedua cloud.
hal ini dapat menyita banyak waktu dan tenaga tetapi sangat berakibat baik untuk perusahaan yang menerapkan hybrid cloud.
kemampuan untuk memindahkan dan mengalihkan data antar public dan private cloud adalah fungsi atau nilai terpenting dari penerapan hybrid cloud.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar